[Sony VAIO Seri X: Tipis, Ringan, dan Elegan] Sony VAIO Seri X: Tipis, Ringan, dan Elegan

JAKARTA, KOMPAS.com – Tipis, kecil, dan ringan. Itulah keutamaan notebook Sony VAIO seri X ini. Dengan ketebalan 13,9 mm dan lebar layar 11 inci, laptop ini mengawali konsep bisnis baru Sony, yang kini menggunakan tag line baru: make.believe (make dot believe).

Seri X merupakan seri terbaru dari mobile PC buatan produsen asal Jepang tersebut pada tahun ini. Sebagaimana pada dua seri sebelumnya, VAIO U dan VAIO P, Sony membuat seri anyar ini untuk pengguna yang memerlukan mobilitas dan desain elegan pada sebuah perangkat jinjing. Dibanding laptop tipis pesaingnya, laptop dengan empat pilihan warna ini merupakan komputer jinjing paling ringan, dengan bobot hanya 655 gram.

Konektivitas yang terpasang di dalamnya meliputi konektor WiFi dan Bluetooth. Untuk menyesuaikan dengan perangkat digital lain buatan Sony, laptop ini juga menyertakan slot pembaca kartu memori Memory Stick Duo, di samping pembaca kartu memori jenis SD sebagai standar laptop masa kini.

Karena dibuat untuk keperluan mobile, laptop berprosesor Intel Atom Z540 ini menggunakan teknologi baterai berdaya tahan lama. Dua model pada seri ini masing-masing memiliki baterai dengan durasi hidup 3,5 jam dan 7,5 jam. Tersedia baterai optional yang dapat mendongkrak daya tahannya menjadi 16 jam.

Selain meluncurkan seri X, Sony juga memperkenalkan tiga model seri CW dengan layar 14 inci. Komputer kompak dengan desain warna-warni (hitam, putih, merah muda, dan merah) ini memiliki keunggulan berupa spesifikasi teknis yang mampu mendukung kebutuhan bermain game tingkat tinggi. Prosesor Intel Centrino Core Duo T6600 2.20 GHz dan P8700 2.53 GHz di dalamnya bersinergi dengan kartu grafis NVIDIA Ge Force G210M maupun G230M.

Dibundel dengan sistem operasi Windows 7 Home Premium 64 bit, komputer dengan lebar penampang hampir sama dengan kertas ukuran folio ini menawarkan memori sebesar 4 GB dan harddisk drive SATA berkapasitas mulai 250 GB. Seri ini, dan juga seri X, dilengkapi aplikasi multimedia Media Gallery yang mudah diakses melalui tombol pintas pada kibor.

Untuk sementara, semua seri tersebut belum tersedia di pasar tanah air. Sony baru mulai memasarkannya mulai 30 Oktober 2009. Seri X dibanderol dengan harga 1.299 dollar AS dan 1.399 dollar AS, sementara seri CW dilabeli dengan harga mulai 899 dollar AS hingga 1.299 dollar AS.

About these ads